Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal III-2016, Laba Bersih Bank BJB Capai Rp 1,34 Triliun

Kompas.com - 14/10/2016, 17:56 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau Bank BJB mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 55,6 persen menjadi Rp 1,34 triliun di kuartal lll-2016 dibandingkan dengan perolehan yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 864 miliar.

"Laba bersih ditopang oleh pendapatan bunga bersih yang tumbuh sebesar 27,3 persen (yoy)," ujar Direktur Utama Bank BJB, Ahmad Irfan di Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Irfan menambahkan, dengan biaya operasional yang sehat serta keberhasilan mengendalikan struktur pendanaan yang lebih efisien, margin bunga bersih (net interest margin/NIM) Bank BJB terjaga di level 7,2 persen.

Sementara itu dari sisi kredit, Bank BJB telah menyalurkan kredit sebesar Rp 62,7 triliun pada kuartal III 2016 atau tumbuh sebesar 15,7 persen jika dibandingkan dengan penyaluran kredit tahun lalu di periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 54,5 triliun.

"Bank BJB tetap menjaga rasio kredit bermasalah (NPL), dimana NPL turun menjadi sebesar 1,7 persen," tutur Irfan.

Sementara itu dari sisi permodalan, lanjut Irfan, saat ini rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) mengalami peningkatan menjadi sebesar 18,1 persen.

Dengan meningkatnya CAR tersebut akan memberikan ruang ekspansi kredit bagi bank BJB. "Kecukupan modal ini memberikan ruang yang cukup untuk melakukan ekspansi bisnis di masa yang akan datang," tutup Irfan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com