Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Strategi Sun Life Pacu Kinerja 2017

Kompas.com - 17/10/2016, 09:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Per kuartal II 2016, total penerimaan premi Sun Life Financial Indonesia mencapai Rp 586,4 miliar dengan kontribusi premi bisnis baru sebesar Rp 388,3 miliar. Adapun total aset Sun Life mencapai Rp 6,72 triliun.

Premi bisnis baru Sun Life per kuartal II 2016 tumbuh 11,8 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Pencapaian tersebut berada di atas industri asuransi jiwa nasional yang justru tumbuh negatif sebesar 3,4 persen.

“Dilihat dari kanal pemasarannya, kinerja bancassurance Sun Life tumbuh signifikan. Penerimaan premi dari bancassurance tumbuh 145 persen, jauh di atas industri asuransi jiwa nasional yang hanya 4,5 persen,” kata Presiden Direktur Sun Life Elin Waty pekan lalu.

Dengan kinerja yang di atas rata-rata, posisi Sun Life dalam industri asuransi jiwa nasional pun terus membaik.

Untuk penerimaan premi dari jalur keagenan kategori perusahaan joint venture, Sun Life kini berada di posisi ketujuh.  Adapun untuk pendapatan total bisnis baru, Sun Life Financial Indonesia berada di urutan ke-15.

Hingga akhir tahun 2016, Elin optimistis kinerja dan posisi Sun Life akan terus membaik.

Adapun untuk tahun 2017, Elin menargetkan posisi Sun Life bisa berada di peringkat lima besar untuk keagenan perusahaan joint venture dan posisi 10 besar untuk total bisnis baru.

Menurut Elin, Sun Life akan menerapkan sejumlah strategi agar target tersebut bisa tercapai.

Pertama, Sun Life akan memperkuat lini keagenan mengingat 60 persen bisnis Sun Life diperoleh dari jalur keagenan. Caranya, Sun Life akan menambah jumlah agen sekaligus meningkatkan kualitasnya.

Saat ini, jumlah agen Sun Life sebanyak 9.672 orang yang terdiri atas agen konvensional 7.966 orang dan agen syariah 1.706 orang.

Kedua, tahun depan Sun Life akan terus memperluas jaringan dengan membuka kantor pemasaran di sejumlah daerah.

Ketiga, kata Elin, Sun Life akan menambah partner baru untuk bancassurance maupun alternatif distribution dari non-bank.

“Memperkuat jalur distribusi inilah yang paling signifikan untuk meningkatkan pertumbuhan,” kata Elin.

Keempat, Sun Life juga akan terus melakukan riset dan review produk untuk memastikan apakah produk sesuai dengan permintaan pasar atau tidak.

“Jangan sampai kami memaksakan suatu produk ke pasar padahal tidak sesuai keinginan masyarakat,” katanya.

Kelima, Sun Life akan memperkuat branding melalui layanan yang berkualitas kepada nasabah. Dengan demikian, nasabah secara tidak langsung diharapkan bisa menjadi brand ambassador Sun Life.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com