Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Blusukan" di Tanah Abang, Ditjen Pajak Disangka Menteri hingga Ditawari Belanja

Kompas.com - 17/10/2016, 13:52 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi blusukan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2016) sejak pukul 11.00 WIB.

Kehadirannya di pusat grosir terbesar di Asia Tenggara itu bukan tanpa alasan. Ia bersama pejabat Direktorat Jenderal Pajak lainnya mendengar respons para pedagang Tanah Abang tentang program pengampunan pajak atau tax amnesty. Berbagai kejadian lucu pun terjadi.

Sosok Ken yang tiga bulan terakhir muncul di media tidak lantas membuatnya terkenal di mata para pedagang Tanah Abang.

"Enggak tahu (siapa), diajak salaman ya salam aja," kata seorang pedagang pakaian di Blok B, Pasar Tanah Abang.

Kejadian serupa juga terjadi di Blok A. Saat bercengkrama dengan para pedagang di Blok A, Ken justru dikira seorang menteri di Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Iya, itu menteri," kata seorang pedagang di Blok A dengan yakinnya sembari memberi tahu pedagang lain.

Ken yang mengenakan kemeja putih beberapa kali melontarkan candaan kepada pada pedagang. Salah satu candanya yakni menanyakan pakaian laki-laki di toko yang khusus menjual pakaiaan perempuan.

Sontak para pedagang lain yang menjual pakaian pria pun menawarinya untuk belanja. "Ayo pak belanja di sini, pak," teriak seorang pedagang.

Selain bercengkrama, Ken juga berbincang santai dengan para pedagang. Ia mengatakan akan membuat gerai pajak di Pasar Tanah Abang. Diharapkan, gerai-gerai pajak bisa membantu pada pedagang untuk urusan perpajakan tanpa harus jauh-jauh pergi ke kantor pajak.

Selain itu, Ken juga berencana melakukan sosialisasi tax amnesty di pusat grosir terbesar di Asia Tenggara itu. Usai blusukan, Ken langsung meninggalkan Pasar Tanah Abang sekitar pukul 12.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com