Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Janji Jaga Militansi dan Loyalitas PNS Kemenkeu

Kompas.com - 18/10/2016, 14:23 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak kecil hati lantaran anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) susut Rp 1,4 triliun dari usulan awal dalam pagu alokasi 2017. Ia janji akan menjaga kualitas kinerja semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemenkeu.

"Dilihat dari sisi kualitatif, seperti tadi militansi dan loyalitas jajaran itu tidak kuantitatif, tetapi dia nyata," kata perempuan yang kerap disapa Ani itu dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Bagi Ani, militansi dan loyalitas dalam bekerja merupakan hal yang sangat penting. Apalagi ia mengakui kalau tugas dan tanggung jawab Kemenkeu sangat besar. Selain mengelola keuangan negara, Kemenkeu juga berperan penting dalam mengejar penerimaan negara.

Sebab sektor pajak dan bea cukai yang merupakan motor penerimaan negara berada di bawah kewenangan Kemenkeu.

"Tentu anggaran yang kami usulkan itu untuk mencapai target- target yang kuantitatif yang bisa diukur sebut pajak, PNBP, bea cukai, dan layanan masyarakat," kata Ani.

Lantaran hal itu, Sr Mulyani juga memprioritaskan anggaran untuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia di lingkungan Kementerian Keuangan.

"Termasuk pendidikan untuk jajaran kami (penting) karena kami perlu kemampuannya, skill, pendidikannya, pengalamannya," ucap perempuan kelahiran Lampung itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com