Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Nyatakan Program “Jaring” Terus Berlanjut

Kompas.com - 20/10/2016, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan program JARING akan terus berlanjut. Pasalnya program ini mendorong sektor kemaritiman melalui penyaluran pembiayaan yang bisa memberdayakan nelayan dan sektor lainnya di bidang maritim.

“JARING terus dilanjutkan. Kita kan juga bekerja sama dengan pemerintah,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Muliaman menjelaskan, pada dasarnya program JARING adalah memberdayakan sektor kemaritiman dengan cara meningkatkan program pembiayaan.

OJK dan pemerintah, kata dia, akan melanjutkan program pembiayaan semacam ini bukan hanya ke sektor kemaritiman melalui JARING.

“Kita akan lanjutkan tidak hanya ke JARING, tidak hanya ke sektor kemaritiman, tapi juga pemberdayaan bidang pangan dan pertanian. Nanti kita akan luncurkan,” ungkap Muliaman.

Meski sudah berjalan, Muliaman menyatakan program JARING masih belum selesai.

Ia memandang, masih banyak hal yang perlu diperbaiki, namun hingga saat ini sudah cukup besar alokasi pembiayaan dalam program ini, tak hanya dari perbankan, namun juga Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

JARING yang merupakan kependekan dari Jangkau, Sinergi, dan Guideline diluncurkan pada bulan Mei 2015 lalu di Sulawesi Selatan.

Program ini merupakan hasil kerja sama OJK dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Program JARING bertujuan meningkatkan pembiayaan ke sektor kelautan dan perikanan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memperluas akses masyarakat terhadap sektor keuangan.

OJK dan KKP sepakat pembiayaan sektor kemaritiman begitu luas sampai pada item seperti pembelian kapal besar.

Sejauh ini sudah ada delapan bank dan konsorsium industri keuangan non bank (IKNB) berpartisipasi dalam program tersebut.

Kompas TV OJK Bentuk Tim Percepatan Akses Keuangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com