Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indef: Dua Tahun Jokowi-JK, Penyerapan Tenaga Kerja Dalam Negeri Masih Minim

Kompas.com - 20/10/2016, 17:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara menilai, dalam dua tahun kinerja Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla, pengembangan industri masih minim yang berdampak pada tingkat penyerapan tenaga kerja dalam negeri.

Bhima mengatakan, pemerintah perlu belajar dari negara lain ‎dalam hal pengembangan industri dan penyerapan tenaga kerja. Salah satu negara yang bisa dijadikan contoh dalam kedua hal tersebut yaitu Korea Selatan.

‎"Belajar dari Korea Selatan, dulu mereka sama-sama negara penerima bantuan. Sekarang mereka menjadi negara donor. Kita bisa mencontoh bagaimana mereka bangun sektor industrinya, terutama industri-industri di daerah," ujar Bhima di Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Bhima menuturkan, pertumbuhan ekonomi yang dicapai oleh Indonesia saat ini dinilai belum berkualitas mengingat, meski ekonominya tumbuh, tetapi penyerapan tenaga kerja di dalam negeri justru menurun.

"Pada waktu awal, diharapkan elastisitas PDB terhadap tenaga kerja bisa mencapai 225.000 orang per 1 persen pertumbuhan ekonomi. Tapi sekarang, 1 persen pertumbuhan ekonomi hanya mampu menciptakan 110.000 lapangan kerja baru," sebut Bhima.

Bhima juga menilai, minimnya pengembangan industri dan minimnya serapan tenaga kerja dalam negeri akibat dari minimnya dukungan pemerintah daerah yang kurang mengoptimalkan anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk pembangunan di daerah-daerah.

‎"Respons daerah lambat. Di DKI Jakarta terparkir Rp 13,95 triliun, di Jawa Barat Rp 8,03 triliun, Jawa Timur Rp 3,95 triliun, Riau Rp 2,87 triliun," kata Bhima.

Kompas TV Jelang 2 Tahun Jokowi-JK, Pemberantasan Pungli Mencuat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com