Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pertumbuhan Kredit Belum Optimal

Kompas.com - 20/10/2016, 19:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin dari 5 persen menjadi 4,75 persen.

Keputusan pelonggaran kebijakan moneter ini dilakukan untuk menggenjot permintaan kredit yang masih lemah.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara menyatakan, transmisi pelonggaran kebijakan moneter melalui jalur suku bunga terus berlangsung. Hal ini tecermin dari berlanjutnya penurunan suku bunga deposito dan suku bunga kredit.

“Namun demikian, transmisi melalui jalur kredit belum optimal, terlihat dari pertumbuhan kredit yang masih terbatas sejalan dengan permintaan yang masih lemah, termasuk permintaan investasi korporasi yang belum kuat,” ujar Tirta dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (20/10/2016).

Bank sentral mencatat, pertumbuhan kredit per Agustus 2016 tercatat sebesar 6,8 persen secara tahunan (yoy), lebih rendah dibandingkan pertumbuhan pada bulan sebelumnya yang mencapai 7,7 persen (yoy).

Namun, pembiayaan melalui pasar modal mengalami peningkatan. Per Agustus 2016, rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) tercatat sebesar 23 persen. Adapun rasio likuiditas berada pada level 21,1 persen. Rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) hingga Agustus 2016 tercatat sebesar 3,2 persen secara gross dan 1,5 persen nett.

Pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) pada Agustus 2016 tercatat sebesar 5,6 persen (yoy), turun dibandingkan bulan sebelumnya.

“Bank Indonesia meyakini pelonggaran kembali kebijakan moneter dan pelonggaran kebijakan makroprudensial yang telah dilakukan dapat mendorong peningkatan pertumbuhan kredit guna menopang pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi ke depan,” ujar Tirta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com