Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI 7-day Depo Rate Dipangkas, Menko Darmin Desak Bank Turunkan Suku Bunga

Kompas.com - 21/10/2016, 17:20 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution kembali meminta perbankan menurunkan tingkat suku bunganya.

Permintaan itu terlontar menyusul keputusan Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan BI 7-day Repo Rate (BI 7RR) dari 5 persen menjadi 4,75 persen.

"Artinya itu kan akan mendorong cost of fund. Sehingga kami berharap suku bunga turun. Walaupun gak otomatis selalu, tetapi harus diusahakan (turun)," ujar Darmin di Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Menurut dia, perbankan harus bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk berupaya menurunkan suku bunga. Saat ini suku bunga perbankan dianggap masih tinggi. Oleh karena itu, Darmin menilai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sangat penting guna meyakinkan perbankan menurunkan tingkat suku bunga.

"Penurunan itu semestinya terealisasi pada suku bunga deposito dulu, tabungan, baru masuk ke kredit. Dipihak lain Kemenkeu juga perlu mendorong supaya suku bunga SUN juga turun," kata Darmin.

Sebelumya, BI mengungkapkan bahwa pelonggaran kebijakan moneter melalui penurunan BI 7-day Repo Rate sejalan dengan terjaganya stabilitas makroekonomi Indonesia. Inflasi pada tahun 2016 diperkirakan mendekati batas bawah sasaran 4 plus minus 1 persen.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan lebih baik dari perkiraan dan begitu pula dengan surplus neraca perdagangan. "

Pelonggaran kebijakan moneter diyakini akan semakin memperkuat upaya peningkatan permintaan domestik, khususnya kredit dan mendorong momentum pertumbuhan ekonomi," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com