Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Tagih Izin Pembukaan Rute Baru Maskapai ke Kemenhub

Kompas.com - 23/10/2016, 19:04 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya menagih sejumlah hal kepada Kementerian Perhubungan. Salah satunya yakni izin pembukaan rute-rute baru maskapai ke sejumlah daerah untuk mendorong akses pariwisata.

“Mereka (maskapai) giliran menagih kami, dan kami langsung forward ke Kemenhub yang memiliki orotitas terhadap slot penerbangan,” kata Arief Yahya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jakarta, Minggu (23/10/2016).

Kementrian Pariwisata, kata Arief, sudah meminta maskapai untuk membuka rute atau menambah slot penerbangan ke daerah pariwisata.

Sejak September lalu ucap dia, para maskapai itu sudah mengajukan pembukaan rute baru ke Kemenhub. Maskapai-maskapai itu terdiri dari Garuda Indonesia, Citilink, Air Asia, Lion Group (Lion Air, Wings Air, Batik Air) dan Sriwijaya.

Bahkan, maskapai tersebut sudah menyambangi Kantor Kementrian Pariwisata untuk bertemu dengan Arief Yahya.

Rute-rute yang diajukan maskapai diantaranya Guangzhou-Bali, Shanghai-Bali, China-Morotai, China-Lombok, Kuala Lumpur-Solo, dan Kuala Lumpur-Lombok.

“Saya yakin, ini sudah diproses di pemerintah. Secara prinsip kami setuju untuk segera dioptimalkan semua slot penerbangan yang masih memungkinkan dibuka,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com