Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mobile Broadband" XL Tingkatkan Produktivitas UKM Melalui Internet Cepat

Kompas.com - 25/10/2016, 22:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor usaha kecil dan menengah (UKM) terus didorong menggunakan internet untuk emmpercepat dan memperluas penetrasi produknya. Tidak heran jika permintaan layanan data untuk UKM terus meningkat, terutama untuk meningkatkan produktivitasnya.

Melihat fenomena tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL) menawarkan solusi melalui layanan mobile broadband (MBB) “XL Biz” yang memang dirancang secara khusus untuk kalangan UKM.

Chief Digital Services Officer XL, Joseph Lumban Gaol mengatakan, dari beberapa hasil survei yang mereka dapatkan, ada tiga fakta yang menarik mengenai kebutuhan atas akses internet dan layanan Data di kalangan UKM.

Pertama, UKM membutuhkan internet untuk penetrasi pasar mereka. Kedua, pelaku UKM rata-rata menggunakan perangkat mobile untuk memenuhi kebutuhan akses internetnya. Ketiga, mereka kurang puas dengan kinerja layanan internet yang sudah ada.

"Fakta-fakta  tersebut menjadi membuka peluang bagi XL untuk menghadirkan layanan MBB bagi UKM,” kata Joseph melalui siaran pers ke Kompas.com, Selasa (25/10/2016).

Joseph melanjutkan, akses internet semakin menjadi keseharian pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya.

Dia menyebut, sekitar 20 persen pelaku UKM di Jabodetabek memiliki toko online sendiri untuk memasarkan produk dan layanannya.

Sejumlah keunggulan melekat pada layanan MMB dari XL yang sesuai dengan kebutuhan kalangan UKM.

Misal,  beroperasi di jaringan 4G LTE, harga paket layanan data yang paling kompetitif, serta disertai dengan layanan nilai tambah yang relevan bagi segmen UKM.

Buka Kemitraan

Untuk memasarkan layanan MBB untuk kalangan bisnis UKM, XL membuka kesempatan kemitraan kepada kalangan usaha.

Langkah XL ini bertujuan untuk memacu penetrasi MBB ke kalangan UKM di semua wilayah yang sudah terlayani jaringan 4G LTE. XL menawarkan keuntungan bagi hasil yang menarik kepada para mitra.

Syarat untuk menjadi mitra antara lain berupa berbentuk badan usaha, memiliki tim penjualan langsung, memiliki pengalaman dalam direct sales, memiliki pengalaman menjual kartu kredit dan elektronik, serta memiliki akses ke kalangan UKM.

XL menargetkan memiliki 1.000 mitra di tahun 2017 nanti. Hingga akhir 2017, XL menargetkan dapat melayani sejumlah 80.000 pelanggan UKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com