Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Kembali Naik, Harga Minyak Pun Jatuh

Kompas.com - 26/10/2016, 13:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga minyak kembali turun pada Rabu (26/10/2016) gara-gara laporan naiknya inventori minyak Amerika Serikat (AS), naiknya produksi di Nigeria, dan ketidakpastian rencana negara-negara produsen minyak untuk membatasi pasokan minyaknya.

Hal-hal itu menjadi satu dan meningkatkan kekhawatiran pada kenaikan suplai minyak mentah dunia.

Kontrak minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) CLc1 diperdagangkan di 49,34 dollar AS per barrel, atau turun 62 sen dari kontrak sebelumnya.

Sementara minyak mentah Brent LCOc1, pada kontrak perdagangan Rabu ini, diperdagangkan di 50,26 dollar AS per barrel atau turun 53 sen.

"Minyak defensif pada hari ini mengikuti paparan American Petroleum Institute (API) yang menunjukkan adanya kenaikan 4,8 milar barrel inventori dibanding ekspektasi kenaikan 1,7 miliar barrel," kata Jeffrey Halley, senior market analyst di perusahaan broker OANDA di Singapura.

Selanjutnya, data pasokan minyak secara resmi akan dipaparkan Energy Information Administration (EIA) pada Rabu malam.

"Paparan EIA malam ini akan mendekati estimasi API dan wajib untuk dicermati malam ini. Kemungkinan harga minyak akan terdorong turun lebih dalam," lanjut dia.

Untuk menambah stok minyak mentah dunia, Royal Dutch Shell sudah bisa mengakses minyak dari terminal Forcados di Nigeria, pasca-perbaikan setelah serangan militan.

Di sisi lain, para trader dibuat bingung dengan rencana anggota OPEC menurunkan produksi minyaknya. Hal ini juga memberatkan pasar dan mendorong harga minyak turun.

Anggota OPEC termasuk Libya dan Nigeria sepertinya enggan melakukan pemangkasan produksi. Sedangkan Iran, Venezuela, dan Indonesia setuju adanya pemangkasan produksi minyak.

Kompas TV Harga Minyak Dunia Naik Lebih dari 10%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com