Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petrokimia Gresik Siap Luncurkan "Phonska Plus"

Kompas.com - 26/10/2016, 20:33 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – PT Petrokimia Gresik (PG) akan merilis produk terbaru, pupuk komersial non-subsidi.

Manajer Humas PT PG Yusuf Wibisono mengatakan, produk pupuk terbaru yang akan diberi merek "Phonska Plus" tersebut rencananya akan diluncurkan awal tahun depan di Bali.

“Produk baru ini juga menyiasati kebutuhan para petani dalam menyambut musim tanam tahun depan. Namun sekali lagi produk ini non-subsidi, sehingga harganya juga bakal disesuaikan dengan pasaran,” ungkap Yusuf, Rabu (26/10/2016).

Dipilihnya Bali sebagai destinasi resmi pengenalan perdana produk baru itu dengan sejumlah pertimbangan. Selain termasuk dalam area pemasaran langsung PG, serapan pupun non-subsidi di Bali saat ini dinilai masih cukup minim.

“Bali kami pilih, karena masih termasuk area pemasaran Jawa. Selain itu, dari penilaian kami selama ini, serapan pupuk non-subsidi di Bali juga masih rendah,” tegasnya.

Terkait dengan harga, Yusuf menjelaskan bahwa nantinya harga jual produk pupuk tersebut bakal dua kali lebih mahal dari Phonska yang telah diproduksi selama ini, yang merupakan pupuk subsidi.

“Untuk membedakan antara Phonska Plus dengan Phonska yang subsidi, bisa dilihat dari kemasannya yang berbeda. Namun secara kualitas, kami tegaskan Phonska Plus dengan yang subsidi tetap sama,” beber Yusuf.

Sebagai langkah awal mendukung peluncuran perdana nanti, PG kini bersiap memproduksi Phonska Plus sebanyak 5 ribu ton. Namun, jumlah pesanan dari konsumen dikatakan pihak perusahaan di luar ekspektasi.

“Malahan ini yang sudah mulai memesan Phonska Plus hampir 8 ribu ton. Pesanan berasal dari semua daerah yang ada di Indonesia, meski jumlah terbanyak tetap berada di Pulau Jawa,” papar Yusuf. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com