Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin: Kawasan Industri Pegang Peranan Strategis dalam Pembangunan dan Pemerataan

Kompas.com - 27/10/2016, 21:38 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menegaskan, kawasan industri memegang peranan strategis karena menjadi salah satu upaya dalam percepatan penyebaran dan pemerataan pembangunan industri.

“Kawasan industri memegang peranan yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan industri nasional karena memberikan beberapa keuntungan dan diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi,” ujarnya di Jakarta, Kamis (27/10/2016).

Di samping itu, lanjut Airlangga, kawasan industri juga dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan penyediaan infrastruktur serta mampu menyediakan lapangan kerja yang luas dan menarik investasi.

“Dengan bertambahnya lapangan kerja maka pendapatan masyarakat akan meningkat dan berdampak pula pada peningkatan pendapatan ekonomi wilayah,” ungkapnya.

Kemudian, kawasan industri dapat meningkatkan produktivitas perusahaan yang berlokasi di kawasan industri sehingga mampu menciptakan nilai tambah yang lebih tinggi.

“Pembangunan kawasan industri juga dapat mendorong tumbuhnya bisnis pendukung industri skala besar,” jelasnya.

Bahkan, kawasan industri dapat mewujudkan pembangunan industri yang terdesentralisasi ke seluruh wilayah, mendukung peningkatan kualitas lingkungan secara menyeluruh, serta dapat menghilangkan konflik penggunaan lahan.

Menperin menyampaikan, pemerintah telah mengeluarkan beberapa paket kebijakan ekonomi, dengan pengembangan kawasan industri menjadi salah satu perhatian utama.

Tujuannya adalah mendorong pengembangan kawasan industri yang atraktif sebagai pendekatan wilayah dalam mempercepat pemulihan industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com