Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Keempat Oktober 2016, BI Pantau Inflasi 0,13 persen

Kompas.com - 28/10/2016, 17:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menyatakan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) hingga minggu keempat bulan Oktober 2016 mencapai 0,13 persen. Hal ini didasarkan pada Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan bank sentral.

"Inflasi 0,13 persen ini mengarah kepada secara tahunan 3,2 persen," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (28/10/2016).

Agus menjelaskan, dengan capaian tersebut, inflasi IHK akan berada pada kisaran 3,2 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Sementara itu, inflasi hingga akhir tahun 2016 akan berada di batas bawah 4 plus minus 1 persen, yakni berada pada kisaran 3,1 hingga 3,2 persen sepanjang tahun 2016.

Menurut Agus, komponen yang menyumbang inflasi masih berupa pangan yang bergejolak atau volatile food, yakni cabai merah. Pasalnya, banyak daerah yang mengalami tekanan harga pada cabai merah namun sudah diantisipasi lantaran ada periode musim hujan.

"Sementara itu, di Sumatra Utara ada virus cabai merah yang membuat gagal panen yang bisa berdampak ke inflasi," ungkap Agus.

Adapun deflasi disebabkan oleh komoditas bawang merah. Pada bulan September 2016, inflasi IHK berada pada posisi 0,22 persen.

Sementara itu, inflasi IHK secara year on year berada pada posisi 3,07 persen dan inflasi tahun kalender berjalan atau year to date mencapai 1,97 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com