Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Dipangkas, Kemenhub Tak Beli Kapal dan Bus

Kompas.com - 01/11/2016, 18:33 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan pemangkasan anggaran tidak akan menganggu program strategis yang dijalankan Kementerian Perhubuhan (Kemenhub).

Budi Karya akan terus memantau program strategis Kemenhub. "Anggaran kami memang dikurangi. Akan tetapi kami masih optimis bisa mengatur anggaran," ujar Budi Karya saat berbincang bersama wartawan di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Untuk itu, Kemenhub akan melakukan efisiensi anggaran terkait dengan pemangakasan tersebut. Salah satunya, dengan menghilangkan anggaran untuk pembelian kapal dan bus.

"Kami tidak membeli kapal dan bus dulu. Tetapi kami akan mengsubsidi operasional kepada pemilik kapal dan bus," ucap mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini.

Budi Karya menambahkan, dirinya akan melakukan kontrak jangka panjang untuk memberikan subsidi operasional kepada pemilik kapal dan bus. Saat ini, kata dia, rencana tersebut masih dibahas di Kementerian Keuangan. 

"Kami lagi minta persetujuan dengan Menteri Keuangan supaya bisa membuat jangka panjang, sehingga memastikan uang yang ditanamkan benar-benar digunakan," tandas dia.

Sebagai informasi, ?pemerintah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 melakukan  memangkas anggaran sebesar Rp 20,8 triliun. Anggaran Kemenhub sendiri dipangkas sebesar Rp 2,7 triliun menjadi Rp 45,98 triliun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com