Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Matangkan Rencana Akuisisi Bank

Kompas.com - 02/11/2016, 14:18 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja mengatakan, pihaknya masih mematangkan rencana akuisisi dua bank umum kegiatan usaha (BUKU) 1.

Rencana yang sudah berjalan sejak dua tahun lalu itu, akan dimatangkan lagi dan dimasukkan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) 2017.

Jahja mengatakan, sementara ini modal yang direncanakan untuk akuisisi masih sama dengan rencana tahun lalu, namun bisa juga bertambah jika memasukkan kebutuhan pengembangan anak usaha.

"BCA sudah punya tujuh anak usaha, plus rencana akuisisi dua bank. Tinggal dihitung kebutuhan berapa. Apakah Rp 1 triliun sama seperti tahun lalu, ataukah Rp 2 triliun, atau Rp 3 triliun," kata Jahja ditemui usai penandatanganan nota kesepahaman dengan PaninBank, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Jahja mengatakan, BCA berencana mengakuisisi dua bank kategori BUKU 1 agar tidak terkena ketentuan Single Presence Policy (SPP). Kebijakan mengenai SPP ini diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 8/16/PBI/2006 tentang Kepemilikan Tunggal Pada Perbankan Indonesia.

"Tetapi kalau digabung, maksudnya boleh BCA dan bank X, saya mau begitu. Tetapi kan tergantung ketentuan. Ini yang saya harus jajaki," ucap Jahja.

Mengenai rencana pengembangan anak usaha BCA, Jahja mengatakan tentunya tidak tertutup kemungkinan bakal mencari pendanaan dari pasar modal.

"Kecuali BCA Finance, karena dia sudah profit besar. Sehingga malah bagi dividen. Kalau yang lain, untuk mengembangkan, saya rasa masih butuh modal," kata Jahja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com