Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Wanita Cantik Bikin Bursa yang Dibuka Melemah Tetap Meriah

Kompas.com - 03/11/2016, 11:10 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Suasana main hall Bursa Efek Indonesia meriah dengan kehadiran wanita-wanita cantik dengan atasan putih dan bawahan rok sepan ketat. Di pundak mereka terselempang kain panjang bertuliskan Miss Popular 2016.

Rupanya hari ini pembukaan perdagangan bursa, Kamis (3/11/2016) dibuka oleh para Grand Finalis Popular 2016.

Bersama dengan para Grand Finalis Popular 2016, Ketua Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) periode 2012-2017, Tantowi Yahya, juga ikut membuka perdagangan.

Di podium Tantowi didampingi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio dan kelima Grand Finalis Popular 2016 sedikit memberikan pandangan tentang bursa di mata para pegiat dunia hiburan.

Tantowi sepakat dengan pernyataan Tito bahwa bursa Indonesia adalah satu-satunya yang memberikan return tertinggi di dunia. Namun, kurangnya pemahaman masyarakat tentang bursa, termasuk para artis, membuat animo untuk bermain di pasar modal minim.

Padahal, investasi di pasar modal ini sangat bermanfaat bagi para pelaku dunia hiburan, untuk kesejahteraan di masa mendatang. Tantowi menambahkan, kesadaran akan manfaat berinvestasi ini yang harus makin gencar disosialisasikan bursa.

"Pasar modal Indonesia ini memberikan return yang terbesar di dunia. Kita mau shifting dari masyarakat yang hanya suka menabung menjadi suka berinvestasi," kata Tantowi.

Kurangnya pemahaman akan bursa dirasakan oleh Tata, salah seorang alumni Miss Popular yang turut memeriahkan bursa pagi ini. Bahkan Tata yang kini menjadi lawyer itu, mengaku merasa asing dengan bursa.

Tata menyampaikan, sepertinya bermain di bursa saham itu sangat rumit. Itulah kenapa ia sampai saat ini belum memiliki investasi di instrumen pasar modal. Kurangnya edukasi tentang pasar modal juga dirasakan oleh Barbie Nouva.

Persepsi bahwa bermain di bursa adalah judi juga menjadi salah satu kekhawatiran wanita cantik kelahiran 1991 itu.

Meski begitu, Barbie yang langsung bekerja setamat dari Sekolah Menengah Atas itu sudah lebih melek akan pentingnya investasi, selain tabungan.

"Saya selain punya tabungan, juga investasi di emas. Saya juga ikut asuransi untuk proteksi diri," ucap Barbie.

Dengan adanya acara pembukaan, demo perdagangan bursa serta penjelasan dari pihak bursa pagi ini, ia berharap semakin mendapat pemahaman yang baik mengenai investasi di pasar saham.

Saat berbincang dengan Kompas.com, Barbie mengaku awalnya ia hanya hobi mengoleksi emas perhiasan.

Namun setelah mendapat pemahaman dari koleganya bahwa menyimpan emas perhiasan tidak begitu menguntungkan, ia mulai mencoba investasi di emas batangan logam mulia (LM) sejak 2011.

Sebagai informasi, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (3/11/2016) dibuka melemah di level 5.395,87. Pada Rabu (2/11/2016) kemarin IHSG ditutup di level 5.405,45.

Kompas TV Otoritas Bursa Dorong Perusahaan Makin Transparan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com