Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada 2025 Penduduk Indonesia Diperkirakan Tembus 284,5 Juta Jiwa

Kompas.com - 03/11/2016, 14:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memperkirakan, jumlah penduduk Indonesia akan tembus di angka 284,5 juta jiwa. Angka tersebut meningkat dari posisi saat ini, yakni 257 juta jiwa.

"Adanya pertambahan penduduk. Tahun 2015 tercatat sebanyak 257 juta jiwa dan pada tahun 2025 jadi 284,5 juta," ujar Bambang saat membuka acara Forum BUMN yang digagas harian Kompas di Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Menurut Bambang, peningkatan jumlah penduduk tersebut menjadi salah satu indikator adanya peningkatan kebutuhan akan pangan.

"Dengan peningkatan jumlah penduduk, artinya ada kebutuhan cukup tinggi," tutur Bambang.

Bambang juga mengatakan, selain meningkatnya kebutuhan pangan, keselektifan masyarakat, terutama masyarakat kota, terhadap pangan akan semakin meningkat.

"Penyediaan pangan dituntut banyak, berkualitas, dan organik," ucap Bambang.

Mantan Menteri Keuangan ini pun menyebutkan, dari total masyarakat yang ada di Indonesia, sebanyak 59 persen masyarakat berada di perkotaan.

Masyarakat kota, menurut Bambang, saat ini sudah sangat selektif terhadap pangan yang dikonsumsinya. Maka dari itu, pemerintah harus memperhitungkan permintaan yang akan banyak muncul dari masyarakat perkotaan.

"Peningkatan kelompok kelas menengah dan perkotaan. 59 persen masyarakat ada di perkotaan sekarang, pada 2025 mendekati 80 persen. Makanya harus fokus demand manajemen, bagaimana mengolah pangan penduduk," tandas bambang.

Kompas TV Tim Ketahanan Pangan Sidak 5 Pasar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com