Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Cepat Jadi Tantangan Bisnis Makanan Cepat Saji

Kompas.com - 03/11/2016, 16:32 WIB

KOMPAS.com - Pengiriman cepat ke konumen menjadi tantangan bagi bisnis pengelolaan makanan cepat saji. Termasuk dalam hal ini, sebagaimana laman theguardian.com menulis adalah pengiriman untuk jenis makanan pizza. Laman tersebut menyebut Domino's Pizza sebagai salah satu pelaku bisnis yang memberikan perhatian pada upaya tersebut.

Di Inggris, Domino's Pizza yang berasal dari Amerika Serikat itu, membuka gerai pertama pada 1985. Sampai sekarang, perusahaan itu dikenal lantaran saat konsumen selesai memesan pizza melalui sambungan telepon, hidangan lezat itu segera tiba. Sampai sekarang, di seluruh dunia, Domino's Pizza sudah menerapkan sistem pemesanan dan pengiriman berbasis digital.

Domino's Pizza di Inggris punya tabiat membuka sembilan gerai per bulan. Sejauh ini, di negara tersebut, sudah ada 777 lebih gerai Domino's Pizza.

Domino’s Pizza tumbuh signifikan dengan pembukaan 3.000 gerai di dunia dalam empat tahun terakhir sekaligus mampu mengirim 1 juta pizza per hari. Saat ini gerai Domino’s Pizza tersebar di lebih dari 80 negara dengan penjualan retail global sebesar  9,9 miliar dollar AS pada 2015.

Ke-100


Tahun ini, sebagaimana rilis yang disampaikan Domino's Pizza Indonesia, kemarin, secara global, perusahaan yang didirikan pada 1960 itu merayakan pembukaan gerai ke-13.000.

Sementara, di Indonesia, Domino's Pizza Indonesia yang berada di bawah manajemen Mitra Adi Perkasa (MAP) melalui kemitraan dengan F&B Asia, merayakan pembukaan gerai yang ke-100. Lokasi gerai itu ada di Green Garden, Jakarta Barat. "Kami ingin lebih dekat ke pelanggan kami di berbagai area," kata Patrick McMichael, Head of Domino’s Pizza Indonesia.

Domino’s Pizza membuka gerai pertamanya pada 22 Agustus 2008 di Pondok Indah. Kini gerai Domino’s Pizza telah tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Bali. Pertumbuhan gerai pada 2016 meningkat 41 persen dengan total pembukaan 32 gerai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com