Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak 2005, LPS Sudah Tutup 75 Bank

Kompas.com - 06/11/2016, 07:35 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sudah berumur 11 tahun. Selama kurun waktu itu pula, lembaga tersebut sudah menutup banyak bank-bank bermasalah.

"Sejak 2005 LPS sudah menutup 75 bank, 74 BPR, 1 bank umum," Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan dalam acara diskusi di Jakarta, Sabtu (5/11/2016).

Menurut Fauzi, penutupan dilakukan lantaran bank-bank tersebut memiliki masalah dalam hal likuiditas. Masalah tersebut telah mengakibatkan kerugian bagi nasabah.

Selain menutup 75 bank, LPS juga menyelamatkan 1 bank umum yakni Bank Century pada 2008.

Penyelamatan itu dilakukan dengan memberikan suntikan dana talangan Rp 8,1 triliun. Menurut ia, penyelamatan Bank Century dilakukan lantaran pemerintah mengatakan bahwa masalah bank tersebut bisa berdampak sistemik sehingga bisa mengancam sistem keuangan nasional.

Selain itu kata dia, kondisi Bank Century juga tidak terlepas lantaran dampak krisis ekonomi yang berasal dari AS pada 2008 silam.

"LPS bukanlah semata-mata menjaga simpanan masyarakat. Tetapi juga memastikan bank gagal dan juga harus menyelamatkan bank," kata Fauzi.

Kompas TV Diduga "Main Curang", LPS Tutup 5 BPR

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com