Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Halal Tumbuh, Volume Penjaminan Jamkrindo Syariah Membengkak

Kompas.com - 08/11/2016, 18:20 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkembangnya gaya hidup syariah mendorong berkembangnya industri halal seperti makanan-minuman, kosmetik, fashion, hotel, dan turisme dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan industri halal tersebut menjadi pasar yang baik bagi industri keuangan syariah. 

Sebagai dampak meningkatnya kebutuhan akan produk keuangan syariah, usaha penjaminan syariah pun tumbuh.

Salah satunya dialami oleh PT Jamkrindo Syariah, anak usaha Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), yang bergerak dalam usaha penjaminan syariah.

Direktur Utama PT Jamkrindo Syariah (Jamsyar) Kadar Wisnuwarman mengatakan, per September 2016 volume penjaminan telah mencapai Rp 10,2 triliun.

Volume penjaminan itu naik hampir lima kali lipat dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya Rp 2,2 triliun.

"Volume tersebut diperoleh melalui penerbitan sertifikat kafalah kepada lebih dari 166.000 terjamin dengan pencapaian imbal jasa kafalah (IJK) sebesar Rp 117,37 miliar," kata Kadar dalam sebuah diskusi, Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Pada periode sama tahun lalu, Jamsyar hanya memberikan penjaminan kepada sekitar 17.000 terjamin dengan pencapaian IJK sebesar Rp 19 miliar.

Kadar mengatakannya, dengan meningkatnya kebutuhan akan penjaminan, aset Jamsyar per September 2016 tercatat mencapai Rp 351 miliar, atau naik 31,46 persen dibanding periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 267 miliar.

"Awal berdiri, aset Jamsyar hanya Rp 250 miliar. Sekarang sudah Rp 351 miliar," kata Kadar.

Kadar menyampaikan, Jamsyar saat ini sudah bekerja sama dengan 29 mitra kerja nasional maupun daerah dengan meneken 67 perjanjian kerja sama.

Mitra kerja Jamsyar diantaranya yaitu perbankan, lembaga keuangan non-bank, co-guarantee, co-branding, serta re-guarantee dan reasuransi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com