Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OPEC Turunkan Asumsi Harga Minyak di 2020

Kompas.com - 09/11/2016, 08:25 WIB
Estu Suryowati

Penulis

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) memangkas asumsi harga minyak pada 2020 menjadi 60 dollar AS per barel.

Tahun lalu, organisasi pengekspor minyak global ini mematok asumsi harga minyak pada 2020, di 80 dollar AS per barel. OPEC mengasumsikan kenaikan referensi harga minyak 5 dollar AS tiap tahun, dengan dasar 40 dollar AS per barel pada 2016.

Asumsi itu didasarkan pada produksi minyak mentah negara-negara anggota dan biasanya lebih rendah dari tolok ukur internasional dan AS dengan margin sedikit. OPEC menyadari outlook ini bisa di luar perkiraan atau jalur harga yang diinginkan. Namun, asumsi tersebut dapat memandu referensi harga.

Sekretaris Jenderal OPEC, Mohammed Barkindo memperingatkan industri perlu bertanya apakah harga minyak yang rendah telah menempatkan prospek pasokan-permintaan di masa mendatang berisiko, mengingat penurunan investasi selama dua tahun terakhir.

"Sementara itu, lingkungan pasar minyak baru-baru ini sudah kelebihan pasokan, sangat penting bahwa industri memastikan bahwa kurangnya investasi saat ini tidak menyebabkan kekurangan pasokan di masa depan," kata Barkindo, dikutip dari CNBC, Rabu (9/11/2016).

Dalam WOO OPEC Ke-10, kelompok tersebut menghadapi ketidakpastian bagaimana prospek minyak setelah 2040, meski komoditas bahan bakar tetap mengambil pangsa terbesar selama periode ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com