Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementan Dorong Peningkatan Kualitas Pakan Ternak

Kompas.com - 09/11/2016, 19:26 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong upaya perbaikan pakan ternak guna mendukung percepatan swasembada daging di Indonesia.

Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nasrullah mengatakan, 30 persen dari total sapi indukan di Indonesia mengalami gangguan nutrisi. Hal itu jelas menjadi kendala dalam mencapai target swasembada daging.

“Untuk mengatasi hal ini, pemerintah sudah menyiapkan Gerakan Pembangunan Pakan Berkualitas,” ujar Nasrullah di Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Menurutnya, program tersebut sudah diterapkan di Bone, Sulawesi Selatan dan sudah dipersiapkan lahan-lahan lain di seluruh Indonesia guna pengembangan pakan.

“Ada sekitar 13 ribu hektare lahan di seluruh Tanah Air yang akan kita jadikan lokasi pengembangan pakan. Masing-masing daerah berbeda-beda, tergantung jumlah jumlah populasi sapinya,” tambahnya.

Dia menjelaskan, upaya pengembangan pakan berkualitas tersebut merupakan pendamping dari kebijakan Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang menjadi langkah utama dalam mempercepat pertumbuhan populasi sapi indukan di Indonesia.

Pemerintah menargetkan dalam enam tahun akan ada pertumbuhan populasi sapi indukan sebesar 200 persen.

“Presiden Joko Widodo memang ingin dalam 10 tahun, swasembada sapi tercapai, tapi kalau bisa 6 tahun kenapa tidak,” ujar Direktur Jenderal Peternakan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com