Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 2017, HSBC Indonesia Tak Lagi Jadi Bank Asing

Kompas.com - 10/11/2016, 14:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – HSBC Indonesia dalam waktu dekat tidak lagi menyandang status sebagai bank asing.

Mulai 17 April 2017 mendatang, HSBC yang beroperasi di Indonesia akan berubah statusnya dari bank asing menjadi perseroan terbatas (PT), yang artinya akan menjadi bank lokal.

Managing Director, Head of Global Markets HSBC Indonesia Ali Setiawan menjelaskan, saat ini pihaknya sedang dalam proses transisi dari bank asing menjadi bank lokal. Komitmen tersebut, kata dia, telah disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku pengatur dan pengawas industri perbankan.

“Status kami sebagai perbankan di Indonesia akan berubah menjadi PT di tahun depan. Sudah menjadi komitmen kami kepada regulator, OJK,” kata Ali di Bank Indonesia (BI), Kamis (10/11/2016).

Ali menjelaskan, setelah statusnya tidak lagi menjadi bank asing, maka HSBC akan berubah namanya menjadi PT HSBC Indonesia.

Adapun komposisi kepemilikan sahamnya akan menjadi milik HSBC sebanyak 98,94 persen, 1 persen milik PT Bank Central Asia Tbk, dan 0,6 persen milik publik.

Menurut Ali, dengan berubah status menjadi bank lokal, HSBC pusat tetap memberikan dukungan kepada HSBC Indonesia. HSBC pusat pun berencana untuk menyuntikkan modal sebesar 1,4 miliar dollar AS kepada HSBC Indonesia.

“Dengan perubahan status kami, kami mengharapkan peran kami di perbankan Indonesia akan menjadi lebih besar dan lebih berkontribusi ke pasar. Kami juga mengharapkan dukungan dari bank lain,” jelas Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com