Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Belanja "Online" 11.11, Alibaba Group Cetak Transaksi Rp 238 T di Hari Jomblo

Kompas.com - 12/11/2016, 05:59 WIB
Aprillia Ika

Penulis

SHENZEN, KOMPAS.com - Alibaba Group kembali sukses menyelenggarakan ajang belanja online 24 jam 11.11 Global Shopping Festival 2016. Festival belanja online terbesar di dunia ini dirayakan bertepatan dengan Hari Jomblo. 

Tanggal 11 November (11/11) merupakan perayaan Singles Day atau Hari Jomblo di China yang dimanfaatkan oleh perusahaan e-dagang untuk menggenjot penjualan. Alibaba adalah pioner festival belanja online, yang juga dikenal dengan sebutan double-eleven.

Pada pukul 00.00 waktu setempat di Shenzen, China, total gross merchandise volume (GMV) mencapai 17,78 miliar dollar AS atau setara 120,7 miliar RMB, atau jika dirupiahkan mencapai Rp 238,518 triliun.

Pada tahun lalu, penjualan Alibaba di ajang yang sama mencapai 14,3 miliar dollar AS atau setara Rp 191,834 triliun.

Baca juga: 11.11 Global Shopping Festival Alibaba Dulu Bernama Hari Jomblo

Jack Ma, pendiri Alibaba, dalam pidatonya menjelang penutupan ajang belanja online 24 jam ini mengatakan bahwa pihaknya akan terus memperbaiki teknologi pendukung untuk ajang-ajang serupa di tahun depan.

Sebab, sejumlah konsumen mengalami kesulitan di menit-menit awal pembelian.
"Ini adalah tantangan. Banyak yang suka dengan festival ini dan ada juga yang tidak. Tetapi akan terus kami lakukan. Tahun depan akan kami buat lebih menyenangkan," kata dia.

Dikutip dari Wikipedia, Singles' Day atau Guanggun Jie adalah festival hiburan di antara kalangan orang-orang di China, tertutama bagi mereka yang single atau jomblo. Tanggal 11 November (11/11) dipilih karena angka 1 dianggap menggambarkan individu yang sendirian.

Festival ini pada akhirnya dirayakan secara besar-besaran terutama oleh perusahaan e-dagang untuk dijadikan momentum pesta diskon. Bahkan, menjadi festival belanja online (daring) terbesar di dunia.

Baca juga: Mengenal 11.11, Pesta "E-Commerce" Terbesar dari Alibaba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com