Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tiga Jenis Anggaran untuk Persiapan Persalinan

Kompas.com - 14/11/2016, 08:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda seorang ibu muda yang saat ini sedang menunggu persalinan? Perlu diketahui bahwa persalinan tentu akan memerlukan dana khusus yang nilainya tergantung dari jenis persalinan itu sendiri.

Jauh hari sebelum masa persalinan tiba, sebagian ibu ada yang sudah mulai mempersiapkan dengan alasan biaya persalinan akan cukup tinggi.

Anggaran tersebut bisa cukup tinggi karena persalinan memiliki tiga anggaran khusus, yaitu saat masa prapersalinan, persalinan, dan pascapersalinan itu sendiri.

Ketiga proses ini tentunya terus memerlukan dana cukup agar persalinan ibu berjalan dengan baik, tanpa hambatan.

Maka dari itu, para calon Ibu, terutama ibu muda yang sedang menghadapi persalinan harus memahami mengenai ketiga anggaran tersebut.

1.    Masa prapersalinan

Anggaran untuk masa prapersalinan ini sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari, bahkan ketika Anda masih mengalami hamil muda. Anggaran ini terdiri dari dua, yaitu anggaran prapersalinan yang direncanakan dan anggaran persalinan yang tidak terduga.

Kedua anggaran ini harus dimiliki oleh Anda karena keduanya memang diperlukan. Anggaran yang direncanakan untuk membeli vitamin, obat untuk ibu, dan keperluan penting lainnya.

Sementara anggaran yang tidak terduga ini sewaktu-waktu akan diperlukan setidaknya untuk membeli keperluan bayi yang mendesak.

2.    Masa persalinan

Ini adalah masa yang cukup membuat Ibu menguras pikiran dan tenaganya. Sebaiknya, ibu hanya fokus pada persalinannya tanpa harus ikut memikirkan bagaimana anggaran persalinan yang harus dikeluarkan saat telah melahirkan nanti.

Oleh karena itu, ibu juga perlu mempersiapkan anggaran untuk masa persalinan juga. Ada macam dana yang diperlukan, yaitu dana untuk melahirkan secara normal dan dana untuk melahirkan secara caesar.

Melahirkan secara caesar biasanya jauh lebih mahal dibandingkan secara normal. Ibu harus mempersiapkan anggarannya semaksimal mungkin, walaupun akhirnya ibu bisa melahirkan normal. Sisa uangnya tentu masih akan berguna untuk kebutuhan bayi dan ibu nanti.

3.    Masa pascapersalinan

Mungkin ini adalah masa terakhir dalam persalinan, tetapi Anda perlu tahu bahwa saat pascamelahirkan, ada banyak hal yang pasti harus dibeli oleh Ibu untuk kebutuhan dia dan bayinya yang baru lahir.

Kebutuhan umum pascamelahirkan, seperti membeli susu formula, botol susu, dan pakaian bayi yang mungkin masih kurang sekalipun, sudah mempersiapkan anggarannya saat prapersalinan.

Kompas TV Tips Tetap Cantik Berhijab Saat Hamil


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com