Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas "Brexit," Citi Siap-siap Pindahkan 900 Pegawai dari Inggris

Kompas.com - 14/11/2016, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Bank asal Amerika Serikat Citi tengah melakukan persiapan untuk memindahkan 900 posisi pekerjaan dari London, Inggris menuju Dublin, Irlandia. Hal inu menyusul rencana kontingensi keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Mengutip Channel News Asia, Senin (14/11/2016), Citi sempat mengadakan rapat pimpinan di Dublin pada bulan Oktober 2016 lalu.

Menurut sebuah sumber yang dikutip dari harian Sunday Times, Citi pun sedang mengeksplorasi berbagai pilihan ruang kantor di ibukota Irlandia tersebut.

"Mereka telah melakukan pengujian terhadap rezim politik dan peraturan Irlandia dalam skala makro," demikian menurut sumber tersebut.

Pada Oktober 2016 lalu pula, pimpinan Citi di Inggris, yang membawahi 9.000 orang pegawai, menyatakan pekerjaan-pekerjaan sektor keuangan di London akan pindah ke negara-negara anggota Uni Eropa lainnya.

Keputusan ini diambil tanpa memandang apapun perundingan yang akan dilakukan Inggris untuk mengakses pasar jasa keuangan Uni Eropa.

Beberapa kota di kawasan Uni Eropa pun tidak melewatkan kesempatan yang muncul tersebut.

Kota-kota seperti Frankfurt, Paris, dan Amsterdam dikabarkan bersolek untuk menarik industri jasa keuangan yang tadinya berpusat di London, namun berminat untuk hengkang sebagai akibat dari Brexit.

Dari kota-kota tersebut, kabarnya Frankfurt dianggap sebagai kandidat terbaik lantaran infrastruktur yang memadai untuk operasional industri jasa keuangan.

Bank-bank besar kelas global pun sudah menunjukkan minat mereka untuk hengkang dari Inggris, namun belum jelas kota mana yang akan mereka pilih.

Kompas TV Bank di Eropa PHK 3000 Karyawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com