Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Serahkan Pengelolaan Bandara Raden Inten Lampung ke AP II

Kompas.com - 20/11/2016, 12:07 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan terminal baru Bandara Raden Inten, Lampung, Minggu (20/11/2016). Usai kunjungan, Budi memastikan bahwa pengelolaan bandara Raden Inten  tidak akan lagi dipegang oleh Kementerian Perhubungan.

"Kami sudah sepakat menyerahterimakan pengelolaan Raden Inten ini kepada Angkasa Pura II," ujar Budi kepada Kompas.com.

Menurut Budi, Bandara Raden Inten Lampung memiliki potensi yang besar menjadi bandara besar layaknya Palembang lantaran letaknya yang deket dengan Jakarta.

Ia meyakini Bandara Raden Inten Lampung bisa menjadi bandara penyangga yang mendistribusikan penumpang ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu mengaku sudah berbicara dengan pemerintah daerah setempat terkait keputusan mengalihkan pengelolaan Bandara Raden Inten kepada AP II.

"Pemda juga sudah setuju dan saya sudah bicara dengan Gubernur Lampung, antusias sekali," kata Budi.

Selain itu, ia juga meminta Pemda dan AP II bisa berkolaborasi lantaran terdapat aset Pemda di area Bandara Raden Inten. Dengan kolaborasi itu diharapkan penandatangan kesepahaman antara Pemda Lampung dan AP II bisa segera dilakukan.

Selain itu, pemerintah pusat kata Budi, berharap penyerahan pengelolaan Bandara Raden Inten ke AP II mampu meningkatkan pelayanan di bandara yang masih dalam renovasi tersebut. Saat ini, terminal baru Bandara Raden Inten memang tengah dalam pembangunan.

Harapan akhir tahun ini pembangun terminal baru bandara tersebut bisa rampung. Dari sisi airside, Bandara Raden Inten Lampung memiliki panjang landasan 3.000 meter.

Dengan pembangunan terminal baru, kapasitas bandara akan bertambah dari 4 juta penumpang menjadi 8 juta penumpang setahun.

Tak cuma itu, dalam rencananya Bandara Raden Inten juga akan terkoneksi dengan stasiun kereta api. Sebab, di sekitar terminal baru bandara itu dekat dengan stasiun.

Kompas TV Menhub: Masih Banyak Transportasi yang Tak Sesuai Kaidah Keselamatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com