Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasindo Selesaikan Pembayaran Klaim Kebocoran Pipa PGN Senilai Rp 615 Miliar

Kompas.com - 21/11/2016, 13:27 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) menyelesaikan pembayaran klaim atas kebocoran pipa transmisi Sout Sumatera-West Java (SSWJ) milik PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS).

Direktur Teknik dan Luar Negeri Asuransi Jasindo Syarifudin mengatakan, pembayaran klaim atas pipa tranmisi dilakukan secara bertahap, dengan total pertanggungan sebesar 46,21 juta dollar AS.

Pada Juni 2015, Jasindo membayarkan klaim sebesar 8,36 juta dollar AS kepada PGAS, dan dilanjutkan pembayaran kedua sebesar 27,9 juta dollar AS pada bulan Mei 2016.

"Terakhir, final settlement-nya kami bayarkan 9,5 juta dollar AS pada September 2016," kata Syarifudin pada seremonial payment on account klaim asuransi pipa SSWJ, Jakarta, Senin (21/11/2016).

Selain membayar klaim pipa SSWJ senilai 46,2 juta dollar AS, Syarifudin menyampaikan Jasindo juga membayarkan klaim untuk asuransi kompersor Pagar Dewa senilai 1,18 juta dollar AS. Dengan demikian total pertanggungan yang dibayarkan sejumlah 47,38 juta dollar AS atau sekitar Rp 615,94 miliar (kurs 13.000).

Syarifudin mengatakan, sesuai kontrak polis yang sudah disepakati, dan umum dilakukan untuk sektor minyak dan gas bumi, pembayaran klaim dilakukan setelah ada pembangunan aset kembali oleh klien bersangkutan.

Direktur Keuangan PGAS Nusantara Suyono mengatakan, insiden kebocoran pipa yang terjadi pada 21 Mei 2013 telah sukses ditanggulangi dan diselesaikan pada November 2015.

"Untuk itu kami apresiasi Jasindo selaku asuransi atas kelancaran klaim pembayaran pipa SSWJ sekaligus menyelesaikan klaim kompresor dengan nilai 47,38 juta dollar AS. Selanjutnya kami harap tidak ada masalah berarti ke depan," kata Nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com