Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obligasi Subordinasi Bank KEB Hana Sasar Investor Domestik

Kompas.com - 21/11/2016, 15:39 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank KEB Hana Indonesia berencana menerbitkan obligasi subordinasi I tahun 2016 sebesar Rp 800 miliar dan juga obligasi subordinasi dollar Amerika Serikat sebesar maksimal 50 juta dollar tahun ini.

Adapun kupon bunga obligasi subordinasi untuk rupiah ditawarkan di level 9,5 persen hingga 10,5 persen dan untuk dollar AS ditawarkan mulai 5,05 persen hingga 6,05 persen.

"Dengan tawaran bunga yang menarik, saya optimis investor akan menyerap obligasi subordinasi Bank KEB Hana Indonesia," kata Direktur Bahana Securities, Novita Lubis di Jakarta, Senin (21/11/2016).

Novita juga yakin, obligasi subordinasi Bank KEB Hana Indonesia akan diserap oleh investor dalam negeri (domestik) tanpa menawarkan obligasi ini ke luar negeri.

"Kita tidak akan road show. Umumnya sih kita pasarkan ke domestik. Karena tenornya panjang, lebih ke institusi seperti perusahaan Asuransi ataupun Dana Pensiun (Dapen)," ucapnya.

Masa penawaran awal akan dilakukan pada tanggal 21 November hingga 2 Desember 2016 dan rencananya akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 22 Desember 2016.

Direktur Utama Bank KEB Hana Indonesia, Martin Lee menambahkan, bahwa dana hasil emisi seluruhnya akan dipergunakan oleh perseroan untuk modal kerja dalam rangka pengembangan usaha.

"Akan digunakan terutama dalam pemberian kredit dan memperkuat struktur permodalan dengan perhitungan sebagai modal pelengkap," terangnya.

Untuk memuluskan rencananya, pihaknya telah menunjuk penjamin pelaksana emisi yakni Bahana Securities, Danareksa Sekuritas dan Indo Premier Sekuritas dengan wali amanat Bank BRI.

Sekadar informasi, Fitch Ratings memberikan peringkat di "AAA (idn)' untuk peringkat Nasional Jangka Panjang Bank KEB Hana dan Internasional Jangka Panjang Mata Uang Asing Issuer Default Rating (IDR) untuk kedua obligasi baik rupiah dan dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com