Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Bakal Buka Rute Pelayaran Surabaya-Lembar NTB

Kompas.com - 22/11/2016, 14:05 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membuka rute pelayaran Surabaya - Lembar  (Nusa Tenggara Barat). Rencana pembukaan tersebut bakal direalisasikan pada awal Desember.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pembukaan rute tersebut dilakukan untuk menurunkan biaya logistik. Nantinya, rute itu akan dioperasikan oleh PT ASDP Ferry Indonesia (Persero). 

"Selama ini, Surabaya menuju Lembar lewat darat dan itu agak lama dan mahal karena dua kali melalu selat. Akan tetapi jika lewat laut biaya justru lebih murah," ujar Budi Karya dalam Forum Perhubungan di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Rute tersebut juga dapat mengalihkan jalur truk logistik yang selama ini melewati jalur darat.

"Dari pengamatan saya minimal ada 200 truk dari Pelabuhan Surabaya ke Lembar. Apabila kami meningkatkan kapal tiap hari maka itu terjadi dan ini model terbaik," katanya.

Rute tersebut akan dioperasikan dengan frekuensi dua sampai tiga kali seminggu. "Ke depannya, kita akan operasikan setiap hari, bukan tiga kali seminggu," ucap mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini.

Sementara itu, Plt Direktur Utama PT ASDP Ferry Indonesia, Faik Fahmi menambahkan, pengoperasian rute Surabaya - Lembar akan efektif pada 1 Desember 2016. Dirinya mengatakan, rute tersebut dapat mendukung pariwisata di Nusa Tenggara Barat. 

"Kalau dari Surabaya ke Lombok lewat darat kan selalu ada kemacetan. Dengan rute ini para wisatawan bisa nyaman tanpa harus mengalami kemacetan. Kami juga kan mengundang para asosiasi, agar rute ini penuh truk. Dan dapat dimanfaatkan dengan baik," tandasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com