Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Jengkel, Sri Mulyani Kembali Bicara tentang "Pengkhianatan"

Kompas.com - 23/11/2016, 15:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kejengkelan Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada pejabat pajak yang tertangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum surut.

Rabu (22/11/2016), saat berbicara pada Bursa Efek Indonesia (BEI), perempuan yang kerap disapa Ani itu kembali menumpahkan rasa kecewanya.

"Masih ada aparat pajak yang bahkan tidak malu untuk mengkhinati teman-temannya," ujar Ani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu tidak habis pikir dengan pejabat pajak yang tertangkap tangan oleh KPK itu atas dugaan praktik suap.

Bagi Ani, prilaku tersebut sudah merusak kredibilitas instansi pajak. Seperti diketahui, Ditjen Pajak sedang berusaha membangun kembali kepercayaan publik pasca-kasus Gayus Tambunan.

Momentum kepercayaan publik itu bisa tecermin dari pelaksanaan tax amnesty periode Juli-September 2016 lalu.

Meski kecewa, Ani tidak ingin kasus suap yang menjerat pejabat pajak tersebut dijadikan alasan masyarakat untuk tidak membayar pajak.

Sebab, tanpa pajak, pembangunan dan bantuan sosial kepada masyarakat akan sulit direalisasikan.

"Kalau itu terjadi (masyarakat tidak bayar pajak), Indonesia ini akan rusak. Kalau enggak bayar, enggak dapat penerimaan (negara)," kata Ani.

Sebelumnya, Sri Mulyani menunjukkan kejengkelannya dengan oknum pejabat Direktorat Jenderal Pajak yang ditangkap tangan oleh KPK kemarin.

Padahal, ia mengaku sudah mengingatkan semua pejabat di bawah Kementerian Keuangan, termasuk Ditjen Pajak, untuk memerangi praktik korupsi dan menjaga nama baik institusi.

"Ini kan (kasus korupsi) ketamakan yang tidak terbatas," ujar Menkeu di Kompleks Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Selain menyinggung ketamakan, Ani juga menyebut perbuatan oknum pejabat pajak yang ditangkap KPK sudah mengkhianati institusi pajak yang sedang membangun kepercayaan publik melalui program tax amnesty.

Sri Mulyani Pastikan Pecat Pejabat Pajak yang Korupsi)
 
Kompas TV Pegawai Pajak Korupsi, Ini Kata Menteri Keuangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com