Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pancing Pemda, Obligasi Daerah Disarankan Bebas Pajak

Kompas.com - 25/11/2016, 06:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Economist Danareksa Research Institute, Kahlil Rowter mengusulkan agar penerbitan obligasi daerah bebas pajak. Hal itu dinilai penting agar pemerintah daerah (Pemda) mau menerbitkan obligasi daerah.

"Di Amerika Serikat, itu bebas pajak untuk penerbitan obligasi daerah," kata Kahlil dalam acara seminar di Surabaya, Kamis (24/11/2016).

Ia mengungkapkan, pemberian bebas pajak penerbitan obligasi daerah merupakan salah satu bentuk subsidi yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah.

Skema bebas pajak untuk obligasi daerah sudah digunakan di AS. Hasilnya, pemda setempat bisa membangun daerahnya tanpa harus terlalu tergantung dari pemberikan dana pemerintah pusat.

Selama ini, belum ada satu Pemda pun yang menerbitkan obligasi daerah. Padahal obligasi daerah merupakan alternatif bagi Pemda mendapatkan permodalan untuk menggenjot pembangunan infrastruktur.

Namun, merealisasikan penerbitan obligasi daerah tidak mudah. Banyak faktor yang mempengaruhinya mulai dari pemahaman minim Pemda tentang obligasi daerah hingga adanya kepentingan politik.

Berdasarkan identifikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hampir semua Pemda tidak mengerti obligasi daerah.

Padahal obligasi daerah merupakan salah satu opsi untuk Pemda mendapatkan permodalan di luar transfer daerah dari pemerintah pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com