Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Targetkan Kredit Mikro Tumbuh hingga 20 Persen pada 2017

Kompas.com - 25/11/2016, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan pertumbuhan yang cukup tinggi pada lini bisnis kredit mikro pada tahun 2017 mendatang. Pasalnya, produk kredit mikro Bank Mandiri mencatatkan kinerja yang cukup baik hingga tahun 2016.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi menjelaskan, perseroan mematok pertumbuhan kredit mikro mencapai kisaran 15 persen hingga 20 persen pada tahun 2017 mendatang.

Menurut tardi, pertumbuhan kredit mikro yang ditargetkan perseroan tersebut berada di atas proyeksi pertumbuhan kredit Bank Mandiri secara keseluruhan tahun depan.

“Kredit mikro tahun depan kita tetap tumbuh karena (kinerja kredit) mikro juga cukup bagus. Kita proyeksikan tahun depan (kredit) mikro bisa tumbuh di atas 15 persen,” kata Tardi di Plaza Mandiri, Jumat (25/11/2016).

Tardi mengungkapkan, hingga posisi September 2016, penyaluran kredit mikro Bank Mandiri sudah mencapai Rp 47 triliun.

Adapun hingga akhir tahun 2016, imbuh dia, penyaluran kredit mikro Bank Mandiri diprediksi bisa menembus Rp 50 triliun. Beberapa strategi digunakan Bank Mandiri guna menggenjot penyaluran kredit mikro.

Tardi menuturkan, perseroan masuk ke pembiayaan untuk produktif dan kredit serbaguna sehingga porsi penyalurannya diharapkan lebih seimbang.

“Kita masuk ke (kredit) serbaguna ini kita dorong agar lebih seimbang. Sekarang portfolio kami 70 persen yang produktif kepada petani, nelayan, dan sebagainya, serta 30 persen kepada karyawan. Kami akan coba mendorong untuk ke 60 persen untuk mikro,” jelas Tardi.

Per kuartal III 2016, penyaluran kredit Bank Mandiri mencapai Rp 625,1 triliun, tumbuh 11,5 persen secara tahunan dibandingkan Rp 590,6 triliun pada kuartal III 2015.

Pertumbuhan tertinggi terjadi pada kredit mikro yang mencapai 16,7 persen menjadi Rp 46,7 triliun per September 2016.

Kompas TV Laba Bank Mandiri Naik Tipis 2,3 %

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com