Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2018, Bandara Husein Sastranegara Bisa Tampung 1 Juta Penumpang Mancanegara

Kompas.com - 26/11/2016, 21:40 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Jumat (25/11/2016) malam mengunjungi Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya, Budi Karya meninjau progres pembangunan terminal internasional di Bandara Husein Sastranegara.

Usai meninjau, Budi Karya mengatakan, Bandara Husein Sastranegara dapat menampung hingga 1 juta penumpang mancanegara per tahun. Target tersebut, diharapnya dapat terealisasi pada tahun 2018.

"Sementara ini baru 600.000 penumpang mancanegara per tahun. Akan tetapi, kalau mungkin bisa sampai 1 juta penumpang mancanegara, mungkin mulai 2018," ujar Budi Karya.

Menurut dia, Bandung mempunyai objek wisata yang dapat menarik wisatawan mancanegara. Selain itu, kuliner yang ada di Bandung banyak digemari oleh wisatawan mancanegara.

"Bandung ini kan Paris van Java, artinya destinasi wisata. Oleh karena itu, kami buat bandara ini dengan desain sebaik-baiknya. Karena kita ingin sekali tujuan destinasi punya konektivitas dengan internasional," katanya.

Perkembangan pembangunan terminal internasional Bandara Husein Sastranegara sudah hampir rampung. Menhub berharap terminal internasional Bandara Husein Sastranegara bisa beroperasi pada awal Januari 2017.

"Sudah 97 persen pengerjaannya, tinggal pembersihan dan kelengkapan. Jadi mau operasi pada 2 Januari 2017," tandasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com