Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus 2017, Prototipe Kendaraan Perdesaan Rampung

Kompas.com - 29/11/2016, 17:58 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Institut Otomotif Indonesia (IOI) bersama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan akan merampungkan pembuatan prototipe kendaraan perdesaan pada Agustus 2017.

Presiden IOI I Made Dana Tangkas mengatakan, dengan sudah terciptanya prototipe kendaraan perdesaan, diharapkan produksi massal kendaraan perdesaan bisa dimulai pada 2018.

Made menambahkan, sebelum membuat prototipe, pihaknya akan menggelar lomba desain kendaraan perdesaan bagi kalangan perguruan tinggi yang akan dimulai awal Desember 2016 hingga Februari 2017. 

"Kita akan lihat desain dari berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan perdesaan," kata I Made Tangkas dalam konferensi pers di kantor Kemenperin Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Untuk memproduksi kendaraan perdesaan, Kemenperin akan menggandeng industri dalam negeri. Adapun produknya akan disertifikasi sebagai hasil karya anak bangsa.

Terkait harga, Made menyebutkan bahwa pihaknya tidak ingin memberikan harga tinggi. "Harapannya harganya sekitar Rp 60 juta hingga Rp 70 juta," tambahnya.

Dengan harga terjangkau, diharapkan masyarakat perdesaan akan dengan mudah membeli mobil tersebut untuk keperluan di desa.

Untuk sisi permesinan, Made menjelaskan, mobil perdesaan akan dibuat dengan mesin dan model yang modern dengan menyesuaikan penggunakan bahan bakar 5 hingga 10 tahun ke depan.

"Untuk pemeliharaan akan dibuat lebih praktis dan mudah agar bengkel di desa mampu merawat dan memperbaiki jika ada kerusakan," tambahnya.

"Sekarang kita butuh regulasi atau payung hukum dari pemerintah agar program ini bisa berjalan lancar," ungkapnya.

Guna mendorong dan mewujudkan program mobil perdesaan, Kemenperin bersama Institut Otomotif Indonesia (IOI) serta 22 perguruan tinggi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam penguatan industri kecil menengah otomotif, peningkatan kapasitas SDM industri otomotif, serta pengembangan kendaraan perdesaan.

Menurut Made, pihaknya memiliki peran menyinergikan dan mengoptimalkan peran sejumlah lembaga yang telah ada di Indonesia untuk memperkuat daya saing industri otomotif Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, kendaraan multiguna yang digunakan di perdesaan berfungsi sebagai alat angkut untuk mengolah hasil pertanian dan perkebunan yang dapat disesuaikan dengan daerah penghasil.

Peluang pasar kendaraan perdesaan, menurut Airlangga, masih cukup besar untuk segmen di bawah 1.000 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com