Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Akan Desain Model Penyaluran Kredit untuk Tingkatkan Tanggung Jawab ke Lingkungan

Kompas.com - 01/12/2016, 13:47 WIB

NUSA DUA, KOMPAS.com — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mendesain model penyaluran kredit guna meningkatkan perhatian dan tanggung jawab perbankan dan lembaga keuangan terhadap aspek lingkungan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menyatakan, penting bagi bank dan lembaga keuangan untuk memberikan perhatian terhadap aspek lingkungan dan sosial untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

"Ini tidak akan menghambat proses penyaluran kredit bagi bank. Justru, dengan lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, hal ini akan menaikkan value dari perusahaan," ujarnya dalam konferensi pers di sela-sela acara bertajuk "2016 International Sustainable Finance Forum", Kamis (1/12/2016).

Menurut Muliaman, pihaknya sebenarnya telah mulai merintis acuan terkait pembiayaan keuangan yang berkelanjutan (sustainability finance) saat regulator industri keuangan masih dipegang Bank Indonesia (BI).

Untuk itu, ke depan, OJK berkomitmen untuk memaksimalkan penyusunan acuansebagai pedoman untuk pembuatan kebijakan terkait sustainability finance.

Untuk menjalankan rencana ini, OJK menggandeng anak usaha Bank Dunia, International Finance Corporation (IFC), dan Sustainable Banking Network (SBN).

Vice President Corporate Risk and Sustainability IFC Ethiopis Tafara mengatakan, SBN telah menjadi kekuatan besar dalam mempercepat pengadopsian praktik lingkungan sosial.

"Pembangunan berkelanjutan tidak akan bisa terlaksana tanpa sistem keuangan yang kuat dan bertanggung jawab," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com