Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahana Securities: IHSG Cenderung Menguat, Amati Saham-saham Ini

Kompas.com - 02/12/2016, 08:50 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini Jumat (2/12/2016) diperkirakan akan bergerak variatif cenderung menguat di kisaran 5.125-5.232.

"Saham-saham yang dapat diperhatikan antara lain MYRX, TINS, UNTR, AISA, dan MLPL," tulis rilis Bahana Securities, Jumat.

IHSG pada perdagangan kemarin Kamis (1/12/2016) ditutup di level 5.198,75 atau menguat 0,97 persen terhadap penutup sebelumnya.

Indeks terkoreksi 4,13 persen dalam sebulan, namun masih naik 13,19 sejak awal tahun.

Lima saham dengan kapitalisasi besar yang menjadi motor pergerakan IHSG antara lain KLBF, UNTR, ADRO, SMGR, serta UNVR.

Kenaikan IHSG kemarin ditopang oleh bargain hunting pada saham sektor konsumer paska pengumuman angka inflasi yang mengalami kenaikan melebihi estimasi sebelumnya.

"Keputusan OPEC untuk membatasi produksi minyak juga turut mendorong kenaikan pada saham-saham berbasis pertambangan," tulis riset Bahana Securities.

Investor asing tercatat melakukan net buy sebesar Rp 218,5 miliar di pasar reguler. Dengan demikian, net buy sebulan tercatat Rp 184,8 miliar, dan net buy sejak awal tahun sebesar Rp 9,7 triliun.

Lima saham yang banyak dibeli asing di pasar reguler yaitu BBRI, BMRI, KLBF, BBNI, serta UNTR.

Sebanyak 150 saham mengalami kenaikan, 150 saham mengalami penurunan, 90 saham tidak mengalami perubahan, dan 186 saham tidak mengalami perdagangan.

Nilai tukar rupiah kemarin ditutup pada level 13.523,00 per dollar AS atau menguat 0,24 persen terhadap penutupan sebelumnya. Rupiah sudah menguat 3,64 persen dalam sebulan, namun masih depresiasi 1,89 persen sejak awal tahun.

Kompas TV Dampak Amnesti Pajak ke Pasar Saham & Rupiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com