Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Akan Terbitkan Aturan mengenai "Green Bond"

Kompas.com - 02/12/2016, 12:15 WIB
Bambang P. Jatmiko

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersiap untuk menerbitkan aturan mengenai green bond, atau surat utang yang harus memasukkan aspek lingkungan pada bisnis yang dijalankan perusahaan.

Kepala Eksekutif Bidang Pasar Modal OJK Nurhaida mengatakan, kebijakan tersebut akan diterbitkan dalam rangka untuk memenuhi unsur lingkungan yang berkelanjutan.

"Di beberapa negara kita lihat banyak green bond ini. Kita lihat struktur seperti apa yang cocok di Indonesia," ujarnya dalam acara "2016 International Sustainable Forum" di Nusa Dua, Jumat (2/12/2016).

Menurut Nurhaida, sejauh ini sebenarnya sudah ada ketentuan bagi emiten di pasar modal untuk mengungkap dampak lingkungan dari bisnis yang dijalankan dalam prospektus. Akan tetapi, hal itu masih perlu ditingkatkan lagi guna menjamin environmental sustainability.

Di negara-negara maju, ketentuan untuk memenuhi aspek lingkungan dalam penerbitan obligasi sudah mulai diadaptasi. Akan tetapi,bagi negara berkembang seperti Indonesia, hal itu masih membutuhkan waktu dan biaya.

Nurhaida menyebut, ketentuan untuk memberi perhatian yang lebih terhadap aspek lingkungan akan menjadi beban tersendiri, baik bagi regulator maupun emiten.

"Namun, hal itu tetap harus dijalankan. Ke depan arahnya ketentuan mengenai environment sustainability ini menjadi kewajiban," kata Nurhaida.

Kompas TV Perbedaan BI dan OJK – Ultimate U eps 10 bagian 3

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com