Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Pekan, IHSG Diperkirakan Bergerak Positif

Kompas.com - 05/12/2016, 08:18 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih akan bergerak positif pekan ini dengan rentang pergerakan 5.200-5.330.

"Saham-saham yang masih layak dicermati diantaranya APLN, ASII, BBTN, BSDE, CPIN, HRUM, TLKM, PWON," kata analis dari Reliance Securities, Lanjar Nafi, melalui keterangan tertulis, Senin (5/12/2016).

Pekan lalu IHSG ditutup menguat 47,2 poin (0,91 persen) di level 5.245,96 dengan volume cukup tinggi. Seluruh indeks sektoral ditutup menguat dipimpin oleh sektor aneka industri yang naik 1,74 persen pada perdagangan Jumat (2/12/2016).

"Aksi damai demonstran pada hari Jumat di Monas yang berlangsung cukup tertib dan sikap cepat dari pemerintah terhadap upaya-upaya menjaga ketertiban meredakan kekhawatiran investor," kata Lanjar.

Rupiah pun terapresiasi 0,5 persen pada perdagangan Jumat. Meskipun demikian, investor asing masih mencatatkan net sell sebesar Rp 276,04 miliar, mempertebal capital out flow mingguan dengan total Rp 3,2 triliun minggu ini.

"Dampak optimisme pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat menjadi faktor utama," ujar Lanjar.

Kecuali IHSG, mayoritas bursa Asia malah terkoreksi di akhir pekan lalu. Namun mata uang Yen memimpin penguatan terhadap dollar AS, di tengah kehati-hatian menjelang data pekerjaan kunci di Amerika.

Kekhawatiran baru muncul atas prospek dan stablilitas di Eropa akan memberatkan dollar AS dan ekuitas global. Bursa Eropa pun dibuka turun dengan pelemahan rata-rata satu persen pekan lalu. Hal itu disebabkan, terkoreksinya harga minyak dan kekhawatiran referendum dan ksetabilan ekonomi di Eropa yang akan berdampak signifikan pada ekuitas.

"Data ekonomi yang akan rilis di awal pekan ini diantaranya aktivitas sektor jasa di China, indeks kepercayaan konsumen di Jepang, dan indeks kinerja sektor jasa di Zona Eropa akan menjadi fokus investor di awal pekan," ucap Lanjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com