Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciptakan Industri Kecil Menengah, Kemenperin Gandeng HIPPI

Kompas.com - 06/12/2016, 20:30 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dalam menciptakan IKM baru.

Penandatanganan kerja sama itu langsung diteken oleh Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih dan Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Suryani Sidik Motik dan disaksikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

“Melalui kerja sama dengan pemerintah, kami juga berkomitmen meningkatkan jumlah pengusaha baru, termasuk membantu realisasi target sebanyak 20.000 wirausaha,” ujar Suryani di Kemenperin, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Suryani menambahkan, pihaknya tengah melakukan pendataan anggota untuk mengikuti program pembinaan dari pemerintah.

“Anggota HIPPI saat ini sekitar 15.000 pengusaha yang tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai sektor industri seperti fashion, alas kaki, makanan, dan kerajinan,” ungkapya.

Dirjen IKM Gati Wibawaningsih mengatakan, kesepakatan ini dilatarbelakangi oleh mandat Kemenperin yang tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2015-2019.

“Jangka waktu dari nota kesepahaman ini selama tiga tahun, dengan ruang lingkup yang meliputi peningkatan sumber daya manusia (SDM) IKM, pemberian informasi dalam memperoleh akses pembiayaan, dan pendampingan untuk meningkatkan kualitas manajemen dalam mempermudah akses pembiayaan,” papar Gati.

Gati menambahkan, beberapa sektor IKM yang menjadi prioritas untuk dilatih dan dibina antara lain sektor makanan, mode dan kerajinan.

Menurutnya, pelatihan akan dimulai pada 2017 dengan mengutamakan IKM yang beroperasi di Pulau Jawa.

"Tiga itu menjadi prioritas. Kami mulai dulu dari Pulau Jawa. Inilah yang dinamakan ABG (Academics-Business-Government). Semua berperan di sana. Tinggal nanti kita dorong akademisinya," pungkasnya.

(Baca: Inovasi Jadi Kunci Sukses Industri Kecil Menengah dalam Bersaing)

Kompas TV Baru 6% UKM Ikut Amnesti Pajak, Otoritas Datangi Pedagang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com