Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggap Darurat Gempa Aceh, Bulog Dirikan Posko Bantuan Kemanusiaan

Kompas.com - 09/12/2016, 07:11 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

Kompas TV Pasar Ini Jadi Pusat Pencarian Korban Gempa di Pidie Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa yang terjadi Rabu (7/12/2016) di kawasan Pidie Jaya, Aceh tengah, menjadi perhatian bersama. Bantuan berupa logistik diharapkan dapat tersalurkan dengan baik untuk para korban bencana.

Dalam kesempatan ini Perum Bulog ditunjuk oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk tanggap darurat gempa Aceh dan rehabilitasi pasca gempa Aceh.

“Setiap kali terjadi musibah, kegiatan seperti ini dilaksanakan sebagai rasa simpati dan kepedulian manajemen kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, yang pada saat ini terjadi di Provinsi Aceh," ujar Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Djoni Nur Ashari melalu keterangan resmi, Kamis (8/12/2016).

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaanya Perum Bulog dan lima BUMN lain akan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh dalam pengumpulan dan pendistribusian bantuan yang dibutuhkan kepada korban bencana.

"Perum Bulog mendirikan posko darurat dan menyediakan dapur umum di Komplek Pergudangan Jalan Banda Aceh-Medan KM 148, kecamatan Meureude, kabupaten Pidie Jaya," jelasnya.

Menurutnya, saat ini Perum Bulog melalui Kantor perwakilan Sub Divisi Regional Sigli bekerja sama dengan aparatur TNI, telah menyiapkan bantuan bahan pokok untuk keperluan dapur umum berupa beras, mie instan dan gula.

Bantuan tersebut disediakan bagi para relawan bencana dan warga yang terdampak.

"Selain itu Perum Bulog sudah berkoordinasi secara intensif dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah dan Dinas terkait di Banda Aceh dan Kabupaten Pidie Jaya untuk menyiapkan penyaluran Beras Cadangan pemerintah yang digunakan untuk penanggulangan bencana alam tersebut," pungkasnya.

(Baca: Gempa di Pidie Jaya, Sejumlah Infrastruktur Kelistrikan Mengalami Kerusakan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com