Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencanakan Keuangan Saat Libur Bersama Keluarga di Akhir Tahun

Kompas.com - 11/12/2016, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aura liburan sudah terasa, hari Natal dan liburan akhir tahun akan datang sebentar lagi. Tinggal menunggu kurang beberapa minggu lagi, maka tibalah saatnya liburan.

Karena liburan akan tiba, sekarang adalah saat yang tepat bagi Anda selaku orang tua untuk mulai merencanakan apa yang hendak dilakukan sewaktu liburan.

Sebenarnya liburan juga bisa dilakukan secara mendadak tanpa rencana atau persiapan yang matang. Tapi hal ini tentu saja akan berisiko, di mana semuanya berjalan tidak sesuai keinginan dan harapan.

Tentu saja Anda tidak menginginkannya bukan? Itulah sebabnya perencanaan itu dibutuhkan.

Seperti yang kita ketahui, liburan itu membutuhkan biaya yang besar sehingga kadang Anda pusing untuk memikirkan dana untuk liburan. Tetapi dengan merencanakan liburan dengan baik, akan ampuh untuk menghemat biaya yang akan dikeluarkan saat liburan.

Lantas sebagai orang tua yang akan mengajak anak-anak beserta keluarga tercinta untuk liburan, apa yang harus Anda lakukan untuk mengelola keuangan? Simak tipsnya.

1.    Tentukan Destinasi

Tentukan tempat liburan yang akan dikunjungi, apakah tempat tersebut berada di dalam kota, di luar kota, atau di luar negeri atau bahkan Anda berencana untuk mencoba semuanya?

Coba pikirkan dengan matang mengenai destinasi liburan, juga jangan lupa untuk menetapkan berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk liburan kali ini. Karena hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui berapa besaran budget yang dibutuhkan nanti.

2.    Biaya Transportasi

Mulailah untuk menghitung berapa jarak tempuh dari kota Anda ke tempat tujuan liburan. Semakin jauh jarak tempuh biasanya akan sangat mempengaruhi besarnya biaya transportasi.

Jika destinasi yang dipilih berada di dalam kota dan dekat dengan kota tempat tinggal, maka Anda bisa dengan mudah menekan biaya yang hendak dikeluarkan.

Namun jika destinasi liburan yang dipilih berada di luar kota atau di luar negeri, pastikan Anda telah memesan tiket untuk transportasi dari jauh-jauh hari.

Manfaatkan juga promo yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan atau situs penyedia layanan untuk pembelian tiket penerbangan.

Jika ingin pergi dengan kendaraan pribadi, hitung berapa kira-kira akan mengeluarkan biaya untuk membeli bensin.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com