Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2017, BTN Bakal Salurkan KPR Mikro

Kompas.com - 13/12/2016, 16:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan komitmennya dalam menyalurkan kredit perumahan, khususnya untuk segmen menengah ke bawah.

Salah satu wujud komitmen tersebut dituangkan dalam bentuk rencana menghadirkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro.

Direktur Utama BTN Maryono menyebut, BTN saat ini masih menggodok skema produk KPR tersebut. Ia berharap produk KPR Mikro tersebut bisa diluncurkan pada tahun 2017 mendatang.

"Nanti akan kerja sama dengan Perumnas. Nanti akan kami ciptakan KPR Mikro namanya," kata Maryono di kantornya di Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Maryono menjelaskan, produk KPR Mikro tersebut menyasar kepada para pekerja informal. Menurut dia, lapisan masyarakat yang bekerja di sektor informal jumlahnya sangat banyak, sehingga hal ini menjadi alasan BTN menghadirkan KPR tersebut agar mereka dapat memiliki rumah yang layak huni.

Menurut Maryono, rincian skema kredit rumah tersebut masih dalam tahap pembicaraan dan perundingan.

Namun demikian, imbuh dia, BTN akan membuat skema KPR Mikro yang benar-benar aman sehingga tidak memicu risiko signifikan.

Ia pun menjelaskan, pada dasarnya KPR Mikro tidak jauh berbeda dengan kredit mikro. BTN berkaca kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang sukses menyalurkan kredit mikro bagi masyarakat yang bekerja di sektor informal maupun masyarakat yang tinggal di berbagai pelosok Tanah Air.

"Yang jelas ini sama dengan BRI yang memberikan kredit mikro. Sebetulnya tidak beda jauh," ungkap Maryono.

Ia mengungkapkan, untuk tahap awal, KPR Mikro akan disalurkan dengan pilot project di wilayah Pulau Jawa. Kemudian, BTN akan menyalurkan kredit tersebut ke pulau-pulau yang memiliki potensi ekonomi tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com