Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jateng Kini Miliki 31.857 Agen Laku Pandai

Kompas.com - 14/12/2016, 07:03 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional III Jawa Tengah (Jateng)-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat pertumbuhan signifikan dalam jumlah agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk keuangan inklusif (Laku Pandai) di wilayah tersebut.

Sejauh ini, agen Laku Pandai yang tercatat di Jateng sebanyak 31.857 agen, sementara di DIY sebanyak 4.600 agen.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Regional III Hizbullah mengatakan, keberadaan Laku Pandai sangat bermanfaat menghimpun dana dari masyarakat. Dana yang dihimpun yang disasar adalah dana yang belum masuk ke industri.

“Jadi yang dana yang menganggur di rumah, semua uang dibawa masuk ke perbankan,” ujar Hizbullah, Selasa (13/12/2016).

Jumlah agen Laku Pandai sendiri mampu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di pedesaan, atau pelosok. Mereka dikenalkan dengan layanan keuangan.

Kepala Bagian Informasi, Dokumentasi dan Kemitraan OJK Regional III Uun Ilyana menambahkan, sasaran dari agen Laku Pandai adalah uang kecil yang tidak sempat ditabung di kantor cabang perbankan.

Agen Laku Pandai bisa mengumpulkan uang dari nasabah dalam jumlah nominal kecil.

“Jadi uang Rp 15.000-Rp 20.000 ditabung melalui agen, tidak perlu ke kantor kas atau cabang,” tambah Uun.

Agen Laku Pandai di Jateng-DIY diikuti oleh 11 perbankan. Jumlah terbanyak Laku Pandai masih dipegang Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dengan jumlah agen sebanyak 12.345, disusun agen di Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebanyak 10.705.

“Laku Pandai aman, ada teknologi informasi (TI) yang support agen dan bank. Konten transaksi ada catatannya, terekam dalam handpone nasabah dan EDC. Sistem pengamanan sudah terjamin,” imbuhnya.

Kompas TV OJK Bentuk Tim Percepatan Akses Keuangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com