Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Pengusaha "Nilep" Pajak, Ekonomi Negara Jadi Kerdil

Kompas.com - 19/12/2016, 19:40 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta pengusaha untuk tidak mengurusi persoalan pajak secara berlebihan. Apalagi sampai menggunakan segala cara agar pembayaran pajaknya minimal.

Perempuan yang kerap disapa Ani itu menyarankan agar pengusaha fokus saja terhadap pengembangan bisnisnya. Termasuk berupaya menghasilkan produk berkualitas tinggi sehingga mampu bersaing secara global.

"Seharusnya pengusaha itu fokusnya di situ, bukan fokus bagaimana nilep pajak. Atau bagaimana agar diproteksi. Itu akan membuat ekonomi menjadi kerdil," ujar Ani di Balai Kartini, Jakarta, Senin (19/13/2016).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyindir oknum pengusaha yang justru sibuk mengurusi pajak ketimbang bisnisnya.

Padahal kata Ani, sumberdaya alam Indonesia memberikan banyak pilihan kepada para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya di berbagai sektor.

Meski begitu, ia mengingatkan para pengusaha untuk tetap membayar kewajibannya kepada negara melalui pajak. Ani tidak ingin lagi kondisi saat ini terjadi terus menerus ke depan.

"Banyak sekali yang didapat dari (sumberdaya alam) Indonesia, tetapi di dalam penerimaan pajak zero, enggak ada," ujar perempuan berusia 54 tahun itu.

Setidaknya ada dua sektor sumberdaya alam yang disorot Ani. Sektor tersebut yakni sektor pertambangan dan sektor kelautan perikanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com