Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 48.000 Ton Daging Kerbau Impor Asal India Segera Datang

Kompas.com - 20/12/2016, 18:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta masyarakat tidak perlu khawatir harga daging melonjak jelang Natal dan tahun baru.

Sebab, puluhan ribu ton daging kerbau impor asal India akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat.

"Harga daging itu standar semua, enggak ada gejolak. Kami siap Desember-Januari masuk 48.000 ton daging kerbau dari India," ujar Mendag di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Menurut ia, 48.000 ton daging kerbau asal India itu merupakan bagian dari total 70.000 ton izin impor daging kerbau yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan.

Bahkan kata Mendag, ia siap memberikan izin impor daging kerbau dengan kuota berapapun bila memang dibutuhkan oleh masyakarat Indonesia. Termasuk pemberian izin impor kepada Bulog.

Impor daging kerbau dilakukan untuk meredam harga daging sapi lokal yang saat masih bertengger di kisaran Rp 120.000 per kilogram (kg).

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, pasokan daging sapi dari dalam negeri baru memenuhi 60 persen permintaan pasar. Dengan demikian, sebanyak 40 persen kebutuhan harus didatangkan secara impor.

Ke depan, pemerintah juga berencana mengimpor daging sapi dari Amerika Latin, seperti Meksiko dan Brasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com