Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kampung Paling Selatan Indonesia Dapat Listrik Gratis dari PLN

Kompas.com - 21/12/2016, 05:38 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com – Dua Desa di di Pulau paling Selatan Indonesia, tepatnya di Pulau Rote, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat listrik gratis dari PLN.

General Manager PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur mengatakan, hal itu dilakukan sebagai bagian dari semangat PLN dalam menerangi sejumlah daerah yang belum tersentuh akses listrik.

“PLN Wilayah NTT meluncurkan penyalaan listrik pedesaan ini juga untuk mendukung momen Hari Listrik Nasional tahun 2016, sekaligus menjadi kado natal untuk Masyarakat di Kabupaten Rote Ndao,” kata Safkaur, kepada Kompas.com, Selasa (20/12/2016).

Menurut Safkaur, kegiatan ini merupakan tahap awal penyalaan listrik di dua Desa ini yang sudah siap disambung diantaranya di tiga gereja, satu kantor desa, dan empat rumah, dimana merupakan mandat dari Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusantara, untuk mempercepat kenaikan rasio elektrifikasi di NTT.

“Upaya yang dilakukan PLN dalam Penyalaan Listrik dengan pembangunan jaringan tegangan menengah sepanjang 7,8 kms, jaringan tegangan rendah 6,8 kms , dan membangun gardu distribusi sebanyak 3 buah untuk melistriki di dua desa tersebut,”ujarnya.

Menanggapi perhatian itu, Wakil Bupati Rote Ndao Jonas Lun mengaku sangat mengapresiasinya langkah yang dtempuh pihak PLN. Dengan penyalaan listrik ini diharapkan bisa mendongkrak taraf hidup warga.

"Ini adalah jawaban dari PLN yang terus menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat dimana Rote juga merupakan daerah pengembangan pariwisata dan destinasi nasional selancar yang terpopuler di Indonesia" jelas Jonas.

Dia mengaku, dampak positif dari tersambungnya jaringan listrik tersebut anak-anak jadi lebih rajin ke sekolah dan keluarga bisa meningkatkan taraf perekonomiannya. Jonas pun meminta kepada masyarakat di wilayahnya untuk bisa memanfaatkan listrik sebaik-sebaiknya.

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat berterima kasih. Ini merupakan kado natal yang membawa terang dunia yang dibawa PLN dengan diawali penyalaan listrik di Desa Oenggaut dan Desa Boa, semoga kelak nantinya disepanjang Kabupaten Rote ke depan akan bersinar," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com