Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Cermati Peredaran Uang Palsu Saat Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 21/12/2016, 20:21 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat ada penurunan peredaran uang palsu beberapa tahun belakangan.

Namun demikian, otoritas moneter itu tetap mengimbau masyarakat untuk waspada karena banyak pihak tidak bertanggungjawab yang suka ambil untung di momen-momen besar seperti Lebaran dan Natal.

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI, Yudi Harymukti mengatakan, pada 2015, di setiap satu juta lembar uang yang beredar (UYD), ada 21 lembar uang palsu.

Tetapi per November 2016 ini, angkanya turun menjadi 11 lembar uang palsu per satu juta lembar UYD.

Yudi mengatakan, peredaran uang palsu memang cenderung turun. "Tetapi kami di BI, dan yang berkepentingan dengan uang palsu seperti BIN, Kemenkeu, Kejagung, Kapolri tetap melakukan upaya antisipasi dan preventif untuk sosialiasi ke masyarakat agar tidak dirugikan dengan uang palsu yang beredar," kata Yudi, Rabu (21/12/2016).

BI, kata Yudi memperkirakan, jumlah uang yang beredar di masyarakat hingga akhir tahun mencapai kisaran Rp 620 triliun hingga Rp 630 triliun, atau meningkat 6 persen hingga 7,5 persen dibandingkan akhir tahun 2015 yang sebesar Rp 586,7 triliun.

Rata-rata uang yang beredar dalam kurun waktu 15 tahun terakhir ini meningkat sebesar 14,4 persen per tahun. Meskipun, kata Yudi, dalam beberapa tahun pertumbuhan UYD tersebut cenderung melambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com