Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Terus Monitor Perkembangan Harga Pangan

Kompas.com - 23/12/2016, 19:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gejolak harga pangan jelang hari-hari besar masih menjadi persoalan yang harus diselesaikan pemerintah.

Untuk mengatasi gejolak harga menjelang Hari Natal dan Tahun 2017, Kementerian Perdagangan telah melakukan identifikasi terkait harga komoditas pokok di berbagai wilayah di Indonesia.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan, telah menugaskan para Pejabat Eselon satu Kemendag untuk turun langsung ke beberapa daerah memantau perkembangan harga, kondisi distribusi, dan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok.

”Hasil pantauan menunjukkan perkembangan harga barang kebutuhan pokok menjelang tahun baru di daerah umumnya relatif stabil. Ketersediaan stok atau pasokan di distributor cukup dan aman serta kondisi distribusi di pelabuhan berjalan lancar,” tegas Mendag Enggartiasto di Kemendag, Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Sejumlah kebutuhan pokok seperti beras, gula, bawang merah, cabai, daging sapi, daging ayam, dan minyak goreng menjadi perhatian utama.

Mendag menjelaskan, pemantauan dilakukan di sejumlah pasar yang menjadi sentra bahan pokok seperti di Bandung (Pasar Kosambi), Cirebon (Pasar Drajat), Kuningan (Pasar Cilimus), Palembang (Pasar Cinde, Sekana, dan KM 5), dan Medan (Pasar Petisah dan Simpang Limun).

Selanjutnya di Kupang (Pasar Oeba, Oebobo, dan Kasih), Manado (Pasar Bersehati dan Pinasungkulan), Ambon (Pasar Mardika, Batu Merah, dan Gotong Royong), DKI Jakarta (Pasar lnduk Beras Cipinang, Pasar lnduk Kramat Jati, Pasar Minggu, dan Pasar Tebet Timur), Jayapura (Pasar Sentral Hamadi, Yotefa, dan lnpres). Manokwari (Pasar Wosi dan Sanggeng) dan Semarang (Pasar Johar dan Karang Ayu). 

"Harga bahan pangan seperti cabai merah keriting, cabai merah besar, dan bawang merah, per 22 Desember 2016 terpantau turun dibandingkan minggu lalu. Namun, di beberapa daerah, masih ada kenaikan bahan pokok seperti daging ayam ras, dan telur ayam ras," ungkapnya.

Berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta pada hari Jumat (23/12/2016) di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, harga cabai merah keriting Rp 25.000 per kilogram (kg) turun Rp 6.000 dari hari sebelumnya, cabai merah besar Rp 28.000 per kg turun Rp 2.000.

Selanjutnya, cabai rawit merah Rp 65.000 per kg, turun Rp 8.000 dari hari sebelumnya, cabai rawit hijau Rp 63.000 naik Rp 2.000, dan bawang merah Rp 18.000 naik Rp 1.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com